Koperasi Dalam Organisional Komparatif

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF

 

KONSEP KOPERASI:

1. Badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip kopeeasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

2. Roepke: Suatu organisasi bisnis yang para pemilik/anggotanya adalah juga pelanggan utama perusahaan tersebut.  

3. Muenkner: organisasi ekonomi yang mempunyai ciri-ciri khusus sbb:

 

Kelompok Koperasi.

Motivasi Swadaya.

Perusahaan Koperasi.

Promosi Anggota.

 

 

BERBAGAI HUBUNGAN DLM KOP.:

  1. HUBUNGAN KEPEMILIKAN.
  2. HUBUNGAN PELAYANAN.
  3. HUBUNGAN PASAR.

 

a. HUBUNGAN KEPEMILIKAN:

KEWAJIBAN KEUANGAN:

Kewajiban untuk membayar kontribusi keuangan.

Kewajiban bertanggung jawab atas utang koperasi.

Kewajiban untuk memanfaatkan fasilitas koperasi.

 

HAK KEUANGAN ANGGOTA:

Hak menggunakan dan menarik keuntungan.

Hak menerima kembali kekayaan krn koperasi bubar.

Hak menuntut pembayaran kembali kontribusi dana koperasi krn mengundurkan diri.

 

b. HUBUNGAN PELAYANAN:

>muncul krna anggota juga pelanggan utama dalam koperasi, bentuk pelayanan koperasi terhadap anggotanya dapat dilakukan melalui bisnis antara usaha anggota dengan badan usaha koperasi.

>misi utama koperasi :

Pelayanan thd anggotanya.

Meningkatkan pertumbuhan koperasi.

DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA ANGGOTANYA>anggota sbg segmen pasar yang potensial dan angggota harus berpartisipasi aaktif.

PELAYANAN HARUS DITINGKATKAN:

Ø  ADANYA TEKANAN PERSAINGAN DARI ORGANISASI LAIN.

Ø  ADANYA PERUBAHAN KEBUTUHAN MANUSIA SEBAGAI AKIBAT PERUBAHAN WAKTU DAN PERADABAN.

 

C. HUBUNGAN PASAR:

Koperasi sebagai organisasi ekonomi dapat memainkan perannya dalam pasar-pasar al:

Ø  PASAR BARANG.

Ø  PASAR TENAGA KERJA.

Ø  PASAR UANG.

Ø  PASAR MODAL

Ø  PASAR LUAR NEGERI/EKSPOR-IMPOR,

*      PASAR BARANG.

* UPAYA KOPERASI DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN ADALAH:

KOPEASI HARUS MENAWARKAN KELEBIHAN KHUSUS YANG TIDAK DIMILIKI OLEH PESAINGNYA.

KOPERASI (MANAJEMEN) HARUS MAMPU MEMOTIVASI ANGGOTANYA AGAR DAPAT BERPARTISIPASI AKTIF DALAM KOPERASI.

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONALKOMPARATIF

 

*      PASAR TENAGA KERJA.

TUGAS UTAMA ADALAH MEREKRUT TENAGA KERJA DAN MENEMPATKAN SESUAI KEAHLIAN SERTA MEMBERIKAN INSENTIF LAYAK.

YANG HARUS DILAKUKAN:

MEMBERIKAN INSENTIF YANG LEBIH BAIK DIBANDING DENGAN PESAINGNYA.

MEMBERIKAN KESEMPATAN PERKEMBANGAN KARIR YANG RELATIF LEBIH BAIK DIBANDING DENGAN PESAINGNYA.

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF

 

*      PASAR UANG:

KOPERASI SBG BADAN USAHA DI PASAR UANG DAPAT BERTINDAK SBG PENAWAR UANG DAN PEMINTA UANG.

KOPERASI HARUS MELAKUKAN:

MEMBERIKAN KREDIT DENGAN  JUMLAH DAN TINGKAT BUNGA YANG RELATIF LEBIH MENARIK DARI DARIPADA PESAINGNYA.

MEMBERIKAN PELAYANAN YANG LEBIH CEPAT DAN BAIK DARIPADA PESAINGNYA.

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF

 

*      PASAR MODAL.

IDENTIK DENGAN PASAR BURSA ATAU EFEK.

BAGI KOPERASI MEMASUKI PASAR MODAL ADALAH SUATU FENOMENA BARU SEBAB KOPERASI BUKAN KUMPULAN MODAL.

KOPERASI TIDAK BISA MENERBITKAN DAN MENJUAL SAHAMNYA DI PASAR MODAL, SESUAI ATURAN KOPERASI HANYA BOLEH INVESTASI DI PASAR MODAL DENGAN PERSETUJUAN ANGGOTA.

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF

PASAR LUAR NEGERI.

*      DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KOPERASI MAKA KOPERASI JUGA BISA MEMAINKAN PERANNYA DI PASAR  EKSPOR IMPOR.

BEBERAPA KOPERASI YANG SUDAH MAJU MAMPU MELAKUKANNYA ANTARA LAIN: KOPERASI INDUSTRI BATIK, KOPERASI INDUSTRI KERAJINAN, KOPERASI INDUSTRI  TAHU TEMPE.

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF

ALASAN MENJADI ANGGOTA KOP.

Mampukah koperasi menjadi alternatif yang lebih baik daripada organisasi lain?

Manfaat atau faedah yang lebih baik diberikan koperasi daripada badan usaha lain adalah harapan anggota dalam memilih koperasi.

Manfaat adalah nilai subjektif dari suatu alternatif yang terbuka bagi seseorang…semua tergantung nilai.

Nilai adalah menunjukkan kapasitas potensial dari suatu objek atau aksi untuk memuaskan KEBUTUHAN MANUSIA.

KEUNGGULAN ATAU ADVANTAGE juga merupakan dasar keputusan anggota terhadap koperasi.

KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF

KEBUTUHAN MENURUT MASLOW:

ü  KEBUTUHAN FISIOLOGIS.

ü  KEBUTUHAN AKAN RASA AMAN.

ü  KEBUTUHAN SOSIAL/KEBUTUHAN CINTA KASIH.

ü  KEBUTUHAN AKAN PENGHARGAAN.

ü  KEBUTUHAN AKTUALISASI DIRI.

SETIAP ORANG MENJADI ANGGOTA KOPERASI DIDASARI KEBUTUHAN-KEBUTUHAN YANG SELF INTERESTED YANG DAPAT DIRAIH DARI KOPERASI.

KOPERASI DALAM ANALISIS

ANGGOTA ATAU PEMERINTAH AKAN MEMILIH KOPERASI JIKA:

v  KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONALKOMPARATIF

KELEBIHAN KOPERASI:

  • ECONOMIES OF SCALE.
  • COMPETITION.
  • INTERLINKAGE MARKET.
  • PARTICIPATION.
  • TRANSACTION COST.
  • REDUCTION TO UNCERTAINTY.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s